Sabtu, 16 Juli 2011

Nonton Bioskop Bisa Buat Gemuk

Kabar bagus ni buat si kurus yang kepingin gemuk,,
tpi sebalikny bagi si gemuk yg hobi nonton...
eitsss,,, tapi apa dulu alasanny..???

Menonton film di bioskop, belum lengkap jika tidak sambil mengudap popcorn dan menyeruput minuman soda. Tapi tahukah Anda, aktivitas ini bisa membuat tubuh cepat gemuk karena kelebihan asupan kalori?

Di dalam lezatnya popcorn dengan lelehan mentega, dan segarnya minuman soda, menyimpan ratusan bahkan ribuan kalori yang bisa mengagalkan program diet Anda. Mau tahu bagaimana dua penganan favorit di bioskop ini 'berkontribusi' terhadap obesitas dan kelebihan berat badan?

- Dikutip dari WebMd, satu bungkus popcorn kemasan kecil dengan mentega, kalorinya hampir sama --bahkan lebih besar-- dengan satu buah cheeseburger. Popcorn dengan mentega memiliki kalori sebesar 600 sementara cheeseburger 550 kalori. Memakannya selama film berlangsung, berarti Anda sudah mengonsumsi tiga potong pizza keju tipis atau tiga batang permen cokelat.


- Bagaimana dengan popcorn topping mentega berukuran besar? Mengonsumsinya sendirian, sama saja memasukkan 1.270 kalori ke tubuh Anda. Kalori ini sama besarnya dengan dua potong ayam goreng, satu mangkuk kecil mashed potato dan satu gelas soda ukuran medium.

- Satu bungkus besar popcorn dan satu gelas besar soda mengandung 1.700 kalori. Jumlah ini sudah mencukupi 85% dari kebutuhan kalori harian sebesar 2.000. Tapi, hanya kalori yang tercukupi, bukan gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh. Jadi, bisa dihitung berapa kelebihan kalori jika setelah film selesai diputar, Anda melahap nasi bersama lauk pauknya.

- Satu gelas minuman soda berukuran kecil mengandung 14 sendok teh gula, dan 200 kalori. Sementara soda berukuran besar mengandung 30 sendok teh gula, serta sekitar 450 kalori.

Meskipun ada sebagian orang yang tahu besarnya kalori dalam popcorn dan minuman soda, tapi kebanyakan dari mereka cenderung tidak bisa mengontrol keinginannya untuk ngemil sambil nonton. Penyebabnya, karena makan popcorn dan minum soda sudah menjadi seperti kebiasaan saat nonton di bioskop.

Masalah lainnya adalah makan tanpa sadar. Di bioskop, Anda lebih fokus menonton film sehingga tanpa sadar makan camilan terus tanpa henti. Mungkin Anda baru selesai memakannya setelah popcorn atau film habis. Ditambah lagi, pengusaha bioskop biasanya menawarkan paket ekonomis popcorn dan soda. Beli dengan paket ukuran besar, maka harganya akan lebih murah. Hal ini tentu saja memicu pengunjung bioskop lebih konsumtif dan akhirnya mengasup makanan lebih dari jumlah kalori normal.

Sebenarnya tidak terlalu sulit mengontrol asupan kalori saat nonton di bioskop. Pesanlah popcorn ukuran medium tanpa mentega, dan bagi bersama teman Anda. Dengan begitu, Anda hanya mengonsumsi sekitar 230 kalori, atau setara dengan satu gelas minuman yoghurt. Jika ingin camilan selain popcorn, pilihlah satu batang karamel lapis cokelat, karena hanya mengandung sekitar 370 kalori. Gantilah minuman soda dengan air mineral atau es teh tanpa gula yang lebih menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar